Jumat, 22 Mei 2009

Menjadi MC Sukses


Janganlah memulai bisnis dari yang sudah kau ketahui karena hanya akan menghasilkan sesuatu yang biasa kau dapatkan. Tapi mulailah dari yang belum kau ketahui sebab akan diperoleh hasil yang kau impikan.
(James Gwee)


Begitu kalimat yang berkesan di hati saya setelah mengikuti seminar James Gwee di hotel Swiss Belhotel Borneo Samarinda pada hari Sabtu, 16 Mei 2009. Sebuah kalimat yang awalnya terasa aneh buat saya. Bagaimana bisa saya harus memulai pekerjaan jika saya tidak mengerti apa yang harus saya kerjakan? Pada siapa saya bertanya? Dan bagaimana cara mengerjakannya?

Ternyata pertanyaan dalam hati kecil saya itu pokok persoalannya. Jika mengerjakan sesuatu dari yang sudah kita ketahui hasilnya ya sebatas pengetahuan yang kita punya. Tidak lebih! Jika saya menjadi MC hanya berdasarkan pengetahuan saya yang terbatas. Maka hasilnya pun pasti cuma sebatas itu.

Saya mencoba menarik benang merah dari kalimat di atas dengan minat saya. Untuk menjadi pembicara yang berhasil dan selalu meningkat, ada tiga hal yang harus saya lakukan. Yang pertama, tetapkan target apa yang akan saya dapat (what). Misalnya saya ingin menjadi pembicara yang hebat, menjadi pembawa acara yang hebat. Keinginan tersebut tidak akan tercapai jika saya hanya puas dengan pengetahuan yang saya punya saat ini. Saya harus memiliki pengetahuan yang cukup untuk mewujudkan impian tersebut.

Yang kedua, saya harus mencari pembicara sukses tempat saya bertanya (who). Prinsip kedua ini adalah prinsip untuk selalu belajar dari orang lain yang lebih dahulu sukses. Menjadikan ia sebagai mentor/guru untuk belajar dan mengetahui segala hal yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai.

Yang ketiga, dari orang tersebut saya mencari tahu bagaimana (how) caranya menjadi pembicara yang baik. Jika kita sudah mendapatkan orang yang tepat untuk tempat bertanya maka tanyakan apa yang kita inginkan. Tentu saja pertanyaan ini harus fokus pada apa yang ingin kita ketahui serta tujuan yang akan kita capai. Adalah membuang-buang waktu jika kita sudah ketemu nara sumber tapi justru membicarakan sesuatu yang tidak penting. Akibatnya kesempatan untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman mereka hilang percuma.

Nah setelah tahu targetnya apa, sudah ketemu orang yang pantas dijadikan referensi, mendapatkan cara yang tepat untuk mencapai tujuan, tinggal kita kerahkan segala potensi sehingga apa yang kita impikan menjadi kenyataan.

Ternyata semakin kita belajar semakin banyak yang tidak kita ketahui. Makanya untuk mendapatkan sesuatu yang lebih besar perlu belajar dan berlatih yang lebih banyak lagi. So, mari kita mencari teman orang sukses, biar kita tahu bagaimana cara menjadi orang sukses, dan kita pun ketularan sukses.
Thank's Mr. James!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar