Jumat, 12 Juni 2009

Personal Branding

Coba anda bayangkan, apa yang terlintas di benak anda ketika saya menyebut Julia Perez? Bagi banyak orang jika mereka ditanya pasti mereka akan menjawab; artis yang sensual, cantik, gemar membuat sensasi, minimaliss, suka hal-hal yang berbau seksualitas, dan sebagainya.

Mengapa orang berfikir semacam itu? Karena orang mempersepsikan simbol-simbol yang selama ini diciptakan oleh Julia Perez dari ucapan dan perilakunya yang diekspos oleh media. Dari simbol-simbol inilah melahirkan personal branding dari seorang perempuan yang juga disebut Jupe ini.

Jika kita ingin menjadi seseorang yang dikenal oleh masyarakat luas tentu juga harus menciptakan image yang unik dan berbeda dari yang ada. Sebuah perusahaan agar dikenal oleh masyarakat biasanya dibuatlah logo yang mencerminkan budaya kerja, identitas, filosofi, serta tujuan yang ingin dicapai. Sedangkan kita sebagai individu akan dikenal melalui simbol-simbol busana, tutur kata, kepribadian, pikiran/ide, sikap, dan tindakan yang kita lakukan.

Orang biasanya akan lebih mudah mengenali jika menemukan keunikan tertentu yang membedakan dengan yang lain. Ketika dalam sebuah kelompok terdapat salah satu yang mempunyai ciri-ciri menonjol dari yang lain tentu paling mudah dikenali. Misalnya dalam sepuluh orang terdapat satu orang memakai topi, maka orang segera menunjuk itu dia si fulan yang bertopi.

Pernahkah anda berfikir, ketika nama anda disebut kira-kira apa yang terlintas dalam bayangan orang-orang yang mendengarnya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar